Friday, June 24, 2016

Resep dan Cara Membuat Ketupat Sayur Spesial Lebaran Idul Fitri

Resep dan Cara Membuat Ketupat Sayur Spesial Lebaran Idul Fitri - Resep dari Bunda Aneka Resep Masakan, Kami Suguhkan resep – resep masakan yang enak buat bekal bunda masak

lihat juga


Resep dan Cara Membuat Ketupat Sayur Spesial Lebaran Idul Fitri

Sudah tidak terasa beberapa hari kedepan kita akan merayakan hari raya lebaran, bagi Bunda dirumah mungkin akan disibukkan dengan memasak makanan ataupun membuat , tapi tidak banyak juga bunda yang tahu cara membuat  lebaran makanya banyak yang tidak mau 'ribet' sehingga para bunda akhirnya hanya membeli di pasar ataupun supermarket. Padahal kalau bunda tahu memasak sendiri justru lebih murah ketimbang harus membeli, Nah salah satu  lebaran yang populer sampai sekarang adalah Cara Membuat  Ketupat Sayur. Rasanya yang manis dan gurih banyak menjadi favorit keluarga maupun tamu yang berkunjung ke rumah. Daripada membeli lebih baik kita cari tahu yuk Bun Resep Membuat Ketupat Sayur dibawah ini.



Bahan dan Bumbu Resep Ketupat Sayur Enak
  • Bahan utama yang dibutuhkan adalah buah pepaya yang masih muda kurang lebih sebanyak 500 gram saja. Kupas kulitnya dan potong kecil kecil memanjang seperti bentuk tusuk gigi atau korek api.
  • Sayuran Kacang panjang kurang lebih sebanyak 10 batang. Cuci bersih dan potong kedua ujungnya lalu potong potong kecil sesuai selera (kurang lebih 2-3 cm).
  • Santan yang berasal dari perasan parutan buah kelapa kurang lebih sebanyak 1500 ml. Biasanya memerlukan kurang lebih 2 butir kelapa ukuran sedang. Kalau tidak ada bisa menggunakan santan instan, cuma hasilnya kurang maksimal.
  • Lengkuas ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 3 cm. Cuci bersih dan memarkan supaya mudah meresap dengan bumbu lain.
  • Kaldu ayam instan bubuk kurang lebih sebanyak 1 sendok makan saja. Gunakan kaldu instan kualitas baik supaya rasa kuah ketupat sayurnya lebih gurih dan legit.
  • Ebi kering kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
  • Batang serai ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 batang saja. Ambil bagian putihnya saja, cuci bersih lalu memarkan supaya mudah meresap dan tercampur dengan bahan lain.
  • Daun salam kurang lebih sebanyak 2 pcs. Cuci bersih sebelum digunakan.
  • Bawang putih ukuran sedang besar sebanyak 4 siung. Kupas kulitnya untuk kemudian dihaluskan.
  • Buah Cabai merah besar ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 7 pcs. Cuci bersih sebelum dihaluskan. Bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera.
  • Bawang merah ukuran sedang besar sebanyak 8 pcs. Kupas kulitnya untuk kemudian dihaluskan.
  • Terasi yang sudah digoreng kualitas bagus kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.
  • Merica halus atau bubuk kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil. Bisa ditambah atau dikurang sesuai selera.
  • Garam dapur yang mempunyai kandungan yodium secukupnya atau kurang lebih sebanyak satu sendok kecil atau sendok teh.
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu halusnya.

Cara Membuat Ketupat Sayur Mudah Sederhana
  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menumis bumbunya. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai goreng dan terasi nya.
  2. Siapkan penggorengan dengan api sedang kecil dan beri minyak goreng secukupnya.
  3. Masukkan bumbu bumbu di atas yang sudah dihaluskan dan aduk aduk sebentar sampai tercium bau harum dari bumbu tumisnya.
  4. Masukkan lengkuas dan batang serai yang sudah dimemarkan. Aduk aduk supaya tercampur rata.
  5. Masukkan ebi kering dan santan yang sudah dipersiapkan diatas. Aduk aduk lagi supaya semua bahan tercampur rata. Aduk aduk terus sampai santanya mendidih dan tidak pecah.
  6. Masukkan kaldu ayamnya. Aduk aduk lagi supaya semua bahan resep ketupat sayurnya tercampur rata.
  7. Masukkan kacang panjang dan garam dapurnya. Aduk aduk dan cicipi dulu dan tambahkan garam kalau diperlukan.
  8. Aduk kuah sayur sesekali sampai matang kemudian angkat dan sajikan ke mangkuk atau tempat sajian lain.
Nah, tidak terlalu sulit kan membuat Resep Ketupat Sayur yang gurih. Yuk, langsung aja dipraktekkan bun! Selamat hari raya idul fitri :)


Demikianlah Artikel Resep dan Cara Membuat Ketupat Sayur Spesial Lebaran Idul Fitri

Sekian Kunci gitar Resep dan Cara Membuat Ketupat Sayur Spesial Lebaran Idul Fitri, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan Chord gitar lagu kali ini.

Anda sedang membaca artikel Resep dan Cara Membuat Ketupat Sayur Spesial Lebaran Idul Fitri dan artikel ini url permalinknya adalah https://serba-resep.blogspot.com/2016/06/resep-dan-cara-membuat-ketupat-sayur.html Semoga artikel Bermanfaat Ya Bunda!! ini bisa bermanfaat.